Fungsi dan Cara Kerja Panel Kapasitor / Capacitor Bank

Fungsi capacitor adalah untuk memperbaiki Cos phi. Yang dimaksud dengan Cos phi itu adalah faktor daya, uraiannya V.A.cos phi = Watt. Sedangkan KWH Meter listrik PLN itu berfungsi untuk mengukur ENERGI (Watt hour), bukan untuk mengukur DAYA/Power (VA) 

Meteran listrik = kWh meter. 
Tegangan (V) relatif konstan (220V) apabila ditambah dengan kapasitor, maka yang terjadi Cos phi akan naik, karena fungsi kapasitor akan menaikkan faktor daya. Besar cos phi itu dari 0 s/d 1 Kalau cos phi naik, Daya tetap, Tegangan tetap, maka yang arus akan turun.

Contoh sederhana: Dulu sebelum dipasang kapasitor, apabila kita menyalakan 3 unit AC dalam satu bangunan maka yang terjadi MCB di KWH meter selalu trip/jatuh. Tapi semenjak dipasng Kapasitor Bank KWH meter sudah tidak pernah lagi trip/jatuh. Jadi untuk kesimpulannya Panel Kapasitor bukan alat penghemat listrik, tetapi berfungsi untuk menurnkan arus listrik yang mengalir, dengan cara memperbaiki faktor daya.

Manfaat Kapasitor Bankadalah sebagai berikut: 
1. Meningkatkan Faktor Daya ( Cos ϕ) 
2. Mengurangi besarnya arus listrik 
3. Mengurangi panas 
4. Mencegah losses (kehilangan tegangan) 
5. Meningkatkan usia peralatan listrik 
6. Menekan biaya Rekening (KVarH)


Kami menjual berbagai macam type panel kapasitor/ capacitor  bank dengan harga yang sangat murah. Harga panel kapasitor yang kami tawarkan mulai dari harga Rp.12.000.000,- 

Untuk pemesannan dan informasi :
Hubungi Imam
email : imamgenset@gmail.com
HP/WA : 08123287421

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Harga Panel ATS - AMF

Daftar Harga Panel Kapasitor Bank

Panel Distribus Listrik atau Panel MDP